KONSEP EKONOMTERIKA:

Keuntungan Kuliah Online

Keuntungan Kuliah Online


Kuliah online memberikan beberapa kelebihan yang tidak ditawarkan oleh kuliah tatap muka, antara lain: fleksibilitas, proses belajar sesuai dengan kemampuan setiap individu, daya serap yang lebih baik dan hemat waktu serta biaya.
1.      Fleksibilitas
Kuliah online/ eLearning memungkinkan mahasiswa untuk mengakses materi perkuliahan di mana saja dan kapan saja tanpa terikat jadwal seperti kuliah tatap muka. Hal ini sangat membantu bagi mereka yang berencana untuk melanjutkan pendidikannya sambil bekerja karena jadwal kuliah mereka dapat disesuaikan dengan jadwal kerjanya.
2.      Pembelajaran Personal
Mahasiswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan masing-masing. Mereka yang kurang paham dapat mengulangi berulang kali materi yang diberikan sampai mereka benar-benar mengerti. Hal ini tidak dapat dilakukan di kuliah tatap muka karena terbentur dengan waktu belajar. Beberapa fitur lain dari pembelajaran personal adalah waktu belajar yang dapat disesuaikan, kecepatan berbicara dosen yang dapat diatur (diperlambat atau dipercepat), jumlah pertanyaan latihan atau kuis dan materi-materi tambahan yang dapat diberikan sesuai dengan kebutuhan setiap siswa.
3.      Daya Serap yang Lebih Baik
Waktu kuliah yang fleksibel memungkinkan siswa untuk dapat belajar pada saat mereka benar-benar siap dan dalam kondisi yang fit, yang pada akhirnya akan menghasilkan daya serap dan prestasi belajar yang lebih baik.
4.      Akses ke Pengajar Berkualitas
Dosen-dosen terbaik dan terkemuka, baik dari latar belakang akademis maupun industri, kini dapat mengajar secara online berdasarkan jadwal yang disesuaikan dengan kesibukan mereka. Hal ini juga bermanfaat bagi siswa, terutama yang berdomisili di luar kota besar, untuk mendapat kesempatan yang sama dalam memperoleh pendidikan berkualitas dan diajar oleh tenaga pengajar berkualitas.
5.      Kualitas Pembelajaran yang Konsisten
Dalam kuliah tatap muka, suatu mata kuliah dapat diajarkan oleh dua atau lebih dosen yang berbeda dengan latar belakang dan pengalaman yang berbeda pula. Hal ini dapat menyebabkan kualitas pembelajaran yang berbeda untuk mata kuliah yang sama. Pada kuliah online/ eLearning, proses belajar dan materi kuliah digital dibuat oleh dosen terbaik dan terpilih mengikuti standar kualitas yang diakui di seluruh dunia. Dengan demikian, setiap mahasiswa akan mendapatkan kualitas pembelajaran yang konsisten karena menggunakan materi kuliah yang diberikan berdasarkan proses pembelajaran yang sama.
6.      Hasil Belajar yang Terukur
Perkuliahan online/ eLearning didukung oleh berbagai macam teknologi informasi, salah satunya adalahLearning Management System (LMS) yang digunakan untuk berkomunikasi dengan teman sekelas dan dosen. Semua proses pembelajaran yang terjadi pada LMS tercatat dan data yang terkumpul akan dianalisa dan dilaporkan kepada dosen dan mahasiswa yang bersangkutan untuk menentukan keberhasilan proses pembelajaran dan memperbaiki hal-hal yang masih kurang memuaskan. Sebagai contoh, LMS dapat merekomendasikan topik-topik yang harus dipelajari ulang oleh mahasiswa agar ia dapat benar-benar menguasai mata kuliah yang diajarkan.
7.      Hemat Waktu serta Biaya
Kuliah online/ eLearning tidak mengharuskan mahasiswa menghabiskan waktu di perjalanan dan macet untuk pergi ke kampus/kelas. Bahkan, mahasiswa yang tinggal di luar kota tidak perlu pindah serta mengeluarkan biaya tambahan untuk tempat tinggal dan biaya hidup lainnya.
8.      Mengurangi Carbon Footprint
Dengan dukungan teknologi, berbagai aktivitas perkuliahan dilakukan tanpa perlu membuang-buang kertas, misalnya pendaftaran online, perkuliahan online dan ujian menggunakan perangkat digital. Selain itu, dengan tidak adanya mobilitas ke kampus tentu saja akan mengurangi konsumsi bahan bakar yang pada akhirnya mengurangi polusi dan turut membantu menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar